Halaman

SURAT KETERANGAN KESALAHAN, RUSAK, DAN HILANG PENGGANTI IJAZAH JENJANG SD DAN SMP

no-image.jpg

STANDAR PELAYANAN

PENERBITAN SURAT KETERANGAN KESALAHAN, RUSAK, DAN HILANG PENGGANTI IJAZAH / STTB,

SKHUN JENJANG SD DAN SMP

 

No

Komponen

Uraian

1

Dasar hukum pelayanan

Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pengesahan fotokopi ijazah/surat tanda tamat belajar surat keterangan pengganti ijazah/surat tanda tamat belajar dan penerbitan surat keterangan pengganti ijazah/tanda tamat belajar SD dan SMP.

2

Persyaratan pelayanan

Permohonan Surat Keterangan Kesalahan Ijazah SD dan SMP (Sekolah masih Beroperasional).
a) Surat Pertanggungjawaban Mutlak Yang Bersangkutan dengan materai 10.000;
b) Surat Keterangan yang dibuat dari sekolah yang bersangkutan bermatrai 10000 kepala sekolah;( yang masih beroperasional)
c) Ijazah Asli dan Fotokopi dilegalisir sekolah yang bersangkutan;
d) Akte Kelahiran Asli dan Fotokopi;
e) Sekolah yg sudah tdk beroperasional Dinas yang membuatnya.
Permohonan Surat Keterangan Pengganti Ijazah Hilang SD dan SMP (Sekolah masih Beroperasional).
a) Surat Pertanggungjawaban Mutlak Yang Bersangkutan dengan materai 10.000;
b) Surat Keterangan yang dibuat dari sekolah yang bersangkutan;
c) Surat Kehilangan dari Kepolisian;
d) Fotokopi ijazah atau bukti fisik bahwa lulus dari sekolah yang bersangkutan;berupa foto kopii ijazah,atau legalisir rapot sampe lulus, atau buku induk yg dilegalisir sekolah
e) Saksi 2 (dua) orang yang satu angkatan disertai fotokopi ijazah saksi dan tanda tangan materai 10.000;
f) Daftar nilai ijazah yang diketik ulang dengan tanda tangan kepala sekolah tanpa materai
g) Apabila tidak ada bukti data sama sekali dari sekolah yang bersangkutan, maka harus melalui proses penyidikan dan berita acara pemeriksaan dari kepolisian.
Permohonan Surat Keterangan Kehilangan Ijazah SD dan SMP (Sekolah sudah tidak Beroperasional.
a) Surat pertanggungjawaban mutlak yang bersangkutan dengan materai 10.000;
b) Surat keterangan yang dibuat dari Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten dan disahkan oleh Kepala Dinas bermaterai 10.000;
c) Pas poto terbaru ukuran 3x4 ( 1 lembar ) dan cap 3 jari tangan kiri
d) Surat kehilangan dari kepolisian;
e) Fotokopi ijazah atau bukti fisik bahwa lulus dari sekolah yang bersangkutan;berupa foto kopi ijazah, legalisisr buku rapot dan asli dilampirkan sampe lulus, atau buku induk dilegalisir
f) Saksi 2 (dua) orang yang satu angkatan disertai fotokopi ijazah saksi dan surat pernyataan saksii tanda tangan materai 10.000;
g) Daftar nilai ijazah yang diketik ulang dengan tanda tangan Kepala Dinas P dan K Kabupaten tanpa materai;
h) Apabila tidak ada bukti data dari sekolah yang bersangkutan, maka harus melalui proses penyidikan dan berita acara pemeriksaan

3

Sistem Mekanisme dan Prosedur

Pemohon surat keterangan Kesalahan, Rusak, dan Hilang Ijazah SD dan SMP datang ke Dinas P dan K dengan membawa persayaratan/berkas lengkap;
Berkas diterima oleh petugas kemudian dikoreksi dan diverifikasi berkas;
Jika berkas sudah dinyatakan lengkap kemudian petugas mengajukan paraf kepada Kepala Seksi (Kasi);
Dilanjutkan paraf Kepala Bidang (Kabid) Dikdas;
Dilanjutkan paraf Sekertaris Dinas;
Dilanjutkan Asman Kepala Dinas;
Kembali ke petugas kemudian dilanjutkan kepada pemohon;
Selesai.

4

Jangka Waktu Penyelesaian

Paling lama 3 (tiga) hari kerja setelah pemohon dan persyaratan lengkap.

5

Biaya pelayanan

Gratis.

6

Produk Pelayanan

1) Surat Keterangan Kesalahan Ijazah SD atau SMP;
2) Surat Keterangan Kerusakan Ijazah SD atau SMP;
3) Surat Keterangan Kehilangan Ijazah SD atau SMP

7

Sarana, Prasarana/Fasilitas

Ruang ber-AC, Parkir luas, Toilet, Kotak Saran, Pelayanan Informasi.

8

Kompetensi Pelaksana

-Pendidikan SMA/D3/S.1
-Memahami Peraturan Perundang-undangan/pedoman/Juknis yang berlaku
-Mampu mengoperasikan komputer

9

Pengawasan Internal

  • Pengawasan Utama-------- Kepala Dinas Pendidikan
  • Kabid SD dan SMP

10

Penanganan pengaduan, saran dan masukan

Penanganan Pengaduan, Ruang Pelayanan Pengaduan / Konsultasi, kata pengaduan,  Kotak Saran :

No WA : 0852- 2754-3475

Email    : disdikbudpelalawankab@gmail.com

Web     : www.disdik.pelalawan.go.id

11

Jumlah Pelaksana

Jumlah Personil Pelayanan Permohonan Surat Keterangan Kesalahan, Rusak, dan Hilang Ijazah SD dan SMP sebanyak 4 (empat) orang.

12

Jaminan Pelayanan

Jaminan Pelaksanaan Bersifat

  1. Maklumat Pelayanan
  2. Moto Kerja
  3. Visi dan Misi

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan

-Pelayanan Bebas Pungli
-Tempat Pelayanan aman dan nyaman.

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Pelaksanaan tugas sesuai dengan tupoksi pada seksi Kurikulum & Penilaian SD dan SMP Kab Pelalawan