::: DINAS PENDIDIKAN KAB. PELALAWAN :::

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

A. Struktur Organisasi
Struktur organisasi merupakan hal yang penting dalam mewujudkan visi, misi, sasaran dan tujuan organisasi, karena tugas pokok dan fungsi organisasi dibagi habis dalam pembagian tugas pada setiap unit kerja melalui struktur organisasi. Rencana Strategis memerlukan sebuah pandangan yang menyeluruh mengenai organisasi beserta seluruh unsurnya, efektivitas organisasi dipengaruhi oleh struktur organisasi yang efektif yang mengakomodasi seluruh tugas pokok dan fungsi memberikan pengaruh yang kuat terhadap tujuan yang disusun dalam suatu rencana strategis.

Organisasi Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan ditetapkan berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pelalawan Nomor 21 Tahun 2002 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan. Dinas Pendidikan adalah unsur pelaksana Pemerintah Daerah dibidang pendidikan dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah, karena itu Dinas Pendidikan mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan tugas dibidang pendidikan. Untuk menyelenggarakan tugas tersebut, dinas pendidikan berfungsi menyusun kebijakan pendidikan melalui fungsi perencanaan, pelaksanaan, koordinasi, pembinaan, dan pengawasan sesuai dengan kewenangan. Sesuai struktur organisasi dan tata kerja, Kepala Dinas Pendidikan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, dibantu dan didukung oleh 5 (lima) orang pejabat eselon III, yaitu 1 orang Kepala Bagian Tata Usaha dan 4 (empat) orang Kepala Sub Dinas yaitu Sub Dinas Pendidikan Dasar, Sub Dinas Pendidikan Menengah, Sub Dinas Pendidikan Luar Sekolah (PLS) dan Sub Dinas Pemuda dan Olahraga.

Tugas pokok dan fungsi Dinas Pendidikan dibagi dan didukung dalam struktur organisasi yang terdiri atas:
1. Kepala Dinas
2. Bagian Tata Usaha dengan 4 Sub Bagian
3. Sub Dinas Pendidikan Dasar dengan 4 Seksi
4. Sub Dinas Pendidikan Menengah dengan 4 Seksi
5. Sub Dinas Pendidikan Luar Sekolah dengan 4 Seksi
6. Sub Dinas Pemuda dan Olahraga dengan 4 Seksi
7. Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan, sebagai UPTD
8. Perpustakaan Masyarakat, sebagai UPTD
9. Sanggar Kegiatan Belajar sebagai UPTD
10. Tenaga Fungsional, terdiri dari pengawas satuan pendidikan dan penilik pendidikan nonformal.

B. Uraian Tugas
Sebagai payung atau landasan hukum uraian tugas Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan yaitu Keputusan Bupati Pelalawan Nomor 346 Tahun 2002 tentang Pedoman Uraian Tugas Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan. Adapun tugas pokok masing-masing unit kerja adalah sebagai berikut:

1. Kepala Dinas

Berdasarkan Keputusan Bupati Pelalawan Nomor 346 Tahun 2002 tentang Pedoman Uraian Tugas Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan Dalam Bab III Uraian Tugas Jabatan Struktural bagian Kesatu dikatakan bahwa Kepala Dinas Pendidikan mempunyai tugas melaksanakan program dan kebijakan pendidikan yang ditetapkan serta melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait didaerah;

Selanjutnya tugas dimaksud adalah:
a. Membuat perencanaan yang meliputi segala usaha dan kegiatan pengumpulan, pengolahan data, penilaian dan penyusunan rencana untuk melaksanakan tugas dinas dibidang pendidikan.
b. Melaksanakan yang meliputi segala dan kegiatan untuk melaksanakan kebijaksanaan sesuai dengan rencana yang ditetapkan.
c. Melakukan pembinaan yang meliputi segala usaha dan kegiatan pendidikan dan pelatihan kearah peningkatan mutu pendidikan.
d. Melakukan pengawasan segala usaha dan kegiatan dalam hal pengawasan atas pelaksanaan tugas pokok sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
e. Melaksanakan administrasi yang merupakan segala usaha dan kegiatan dibidang ketatausahaan dan kepegawaian, umum dan keuangan.
f. Melakukan koordinasi yang merupakan segala usaha dan kegiatan untuk mengadakan hubungan kerjasama dengan dinas dan instansi lain guna kelancaran pelaksanaan tugas.

2. Bagian Tata Usaha

Sebagaimana termaktub dalam Keputusan Bupati Pelalawan Nomor 346 Tahun 2002 pada pasal 5 ayat (1) dikatakan bahwa Kepala Bagian Tata Usaha mempunyai tugas melaksanakan urusan surat menyurat, kearsipan, rumah tangga, penggandaan, inventarisasi, administrasi kepegawaian dan menyusun laporan kegiatan dinas. Pasal (2) yaitu uraian tugas dimaksud adalah melaksanakan urusan umum, urusan perencanaan dan program dinas, urusan kepegawaian dan urusan keuangan.

Bagian Tata Usaha ini, terdiri dari Sub Bagian Umum, Sub Bagian Tata Laksana, Sub Bagian Kepegawaian, Sub Bagian Perencanaan dan Sub Bagian Keuangan. Uraian tugas masing-masing Kepala Sub Bagian sebagai berikut:

a. Sub Bagian Umum;

Kepala Sub Bagian Umum mempunyai tugas melaksanakan urusan surat menyurat, kearsipan, rumah tangga, penggandaan, inventarisasi, admisistrasi kepegawaian dan menyusun laporan kegiatan dinas. Uraian tugas tersebut adalah:
1) menyusun rencana dan program tahunan.
2) melakukan urusan surat menyurat kantor yang meliputi surat masuk, surat keluar, ekspedisi, kearsipan, dokumentasi termasuk legalisir ijazah.
3) menyusun rencana pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, penggunaan, perawatan, inventaris dan usulan penghapusan barang perlengkapan yang meliputi gedung, perabot kantor Dinas Pendidikan Kabupaten, Kecamatan, UPTD maupun sekolah.
4) melakukan pencatatan dan penyimpanan barang-barang perlengkapan yang meliputi gedung, perabot, peralatan teknis, alat kantor, mobilitas dan pembukuan.
5) melakukan stock opname barang perlengkapan.
6) menyimpan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan barang milik negara
7) menyusun laporan sub bagian
8) melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan.

b. Sub Bagian Tata Laksana;

Kepala Sub Bagian Tata Laksana mempunyai tugas melaksanakan perencanaan pendidikan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas tersebut adalah:
1) menyusun rencana dan program tahunan
2) melakukan urusan rumah tangga kantor yang meliputi ketertiban, keamanan, kebersihan dan keindahan kantor.
3) melakukan urusan penerimaan tamu dan kepertokolan.
4) mengurus perpustakaan kantor.
5) mengurus perpustakaan kantor dan menyediakan fasilitas rapat dinas dan upacaran kantor.
6) menyusun laporan sub bagian

c. Sub Bagian Kepegawaian;
Kepala Sub Bagian Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan perencanaan pendidikan Umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan dan pengendalian. Uraian tugas tersebut adalah:
1) menyusun rencana dan program tahunan.
2) mempersiapkan rencana pengadaan, penempatan dan pemerataan pegawai administrasi, termasuk pejabat struktural Dinas Pendidikan Kabupaten, Kecamatan dan UPTD lainnya.
3) mempersiapkan rencana formasi pegawai administrasi di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten dan Dinas Kecamatan (UPTD).
4) menyusun daftar urut kepangkatan pegawai.
5) mempersiapkan usul mutasi pegawai administratif antara lain kenaikan pangkat, gaji berkala, pemindahan, cuti dan pemberhentian dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kecamatan (UPTD)
6) Menyusun laporan sub bagian

d. Sub Bagian Perencanaan;
Kepala Sub Bagian Perencanaan mempunyai tugas melaksanakan perencanaan pendidikan Umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi komunikasi, urusan persuratan kearsipan,pengawasan,pengendalian. Uraian tugas tersebut adalah:
1) menyusun rencana dan program tahunan.
2) mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data yang menyangkut Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Sekolah Menengah, wajib belajar, Sekolah Luar Biasa, Pendidikan Masyarakat, pembinaan generasi muda, keolahragaan dan kesenian.
3) mempersiapkan rencana dan program Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kecamatan (UPTD) yang menyangkut pengurusan pembinaan Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Sekolah Menengah, wajib belajar, Sekolah Luar Biasa, Pendidikan Masyarakat, pembinaan generasi muda, keolahragaan dan pendidikan kesenian.
4) menyusun dan menyebarluaskan instrumen pengumpulan data yang menyangkut sekolah menengah.
5) memonitoring pelaksanaan rencana dan program yang menyangkut Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Sekolah Menengah, wajib belajar, Sekolah Luar Biasa, Pendidikan Masyarakat, pembinaan generasi muda, keolahragaan dan pendidikan kesenian.
6) menyusun laporan sub bagian

e. Sub Bagian Keuangan;
Kepala Sub Bagian mempunyai tugas melaksanakan perencanaan pendidikan Umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan dan pengendalian. Uraian tugas tersebut adalah:
1) menyusun rencana dan program tahunan.
2) memilah dan menyusun data untuk bahan menyusun anggaran kantor Dinas Pendidikan.
3) melakukan pengelolaan keuangan kantor Dinas Pendidikan.
4) meneliti dan menguji kebenaran setiap dokumen/bukti penerimaan, penyimpanan dan pengeluaran uang.
5) melakukan pembayaran gaji pegawai.
6) melakukan pembayaran biaya perjalanan dinas.
7) mempersiapkan laporan periodik tentang pengeluaran keuangan.
8) menyusun laporan sub bagian
3. Sub Dinas Pendidikan Dasar
Pada pasal 11 dijelaskan bahwa Sub Dinas Pendidikan Dasar terdiri dari Seksi kurikulum, seksi tenaga kependidikan, seksi pengadaan sarana pendidikan dan seksi pengadaan perbukuan dan alat tulis pelajaran. Pasal 12 ayat (1) berbunyi Kepala Sub Dinas Pendidikan Dasar mempunyai tugas melaksanakan urusan kurikulum, ketenagaan, sarana dan prasarana dan urusan perbukuan pada pendidkan dasar. Mengenai uraian tugas dimaksud pada ayat (1) yaitu:
a. Melaksanaan urusan kurikulum pada lembaga satuan pendidikan tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama(SLTP), wajib belajar, Sekolah Luar Biasa(SLB) yang dikelola oleh Dinas Pendidikan.
b. Melaksanaan urusan tenaga kependidikan pada lembaga satuan pendidikan tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), wajib belajar, Sekolah Luar Biasa (SLB) yang dikelola oleh Dinas Pendidikan.
c. Melaksanaan urusan pengadaan sarana dan prasarana pada lembaga satuan pendidikan tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), wajib belajar, Sekolah Luar Biasa (SLB) yang dikelola oleh Dinas Pendidikan.
d. melaksanaan urusan pengadaan pembukuan dan alat tulis pelajaran pada lembaga satuan pendidikan tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), wajib belajar dan Sekolah Luar Biasa (SLB) yang dikelola oleh Dinas Pendidikan.

Sesuai kondisi riil pendidikan yang ada dan bersempena dengan pemberlakukan otonomi daerah khususnya bidang pendidikan, serta memperhatikan kepentingan daerah, Kepala Dinas Pendidikan menerbitkan Surat Keputusan Nomor 900/Disdik/2006/36.a tentang penjelasan tambahan uraian tugas Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan, khusus Sub Dinas Pendidkan Dasar yaitu menyusun rencana program pengembangan Kurikulum Nasional dan Muatan Lokal, serta mempersiapkan kalender pendidikan, menyebarluaskan petunjuk pelaksanaan kurikulum serta memonitor dan membina pelaksanaan kurikulum pada tingkat Pendidikan Dasar.

Sub Dinas Pendidikan Dasar ini, terdiri dari Seksi kurikulum, Seksi Tenaga Kependidikan, Seksi Pengadaan Sarana Pendidikan dan Seksi Pengadaan Perbukuan dan Alat Tulis Pelajaran. Sesuai Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Pelalawan Nomor. 900/Disdik/2006/36.a dijelaskan bahwa uraian tugas Sub Dinas Pendidikan Dasar adalah pelaksanaan urusan kurikulum pada lembaga Satuan Pendidikan tingkat TK dan SD yang dikelola oleh Dinas Pendidikan, pelaksanaan urusan tenaga kependidikan pada lembaga Satuan Pendidikan tingkat TK dan SD yang dikelola oleh Dinas Pendidikan, pelaksanaan urusan pengadaan sarana dan prasarana pada lembaga Satuan Pendidikan tingkat TK dan SD yang dikelola oleh Dinas Pendidikan dan pelaksanaan urusan pengadaan pembukuan pada lembaga Satuan Pendidikan tingkat TK dan SD yang dikelola oleh Dinas Pendidikan. Adapun uraian tugas masing-masing Kepala Seksi sebagai berikut:

a. Seksi Kurikulum;

Kepala Seksi Kurikulum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi komunikasi, urusan persuratan, kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud yaitu:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) menyebarluaskan pedoman dan petunjuk pelaksanaan kurikulum tingkat Sekolah Menengah (maksudnya adalah TK dan SD)
3) melaksanakan pengurusan lembaga satuan pendidikan tingkat Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Sekolah Menengah, wajib belajar, Sekolah Luar Biasa yang dikelola oleh Dinas Pendidikan.
4) mempersiapkan, menyebarluaskan pedoman dan petunjuk yang menyangkut, Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar, Sekolah Luar Biasa (SLB) yang meliputi kurikulum, tenaga teknis, sarana prasarana pendidikan, tata usaha sekolah dan hubungan antara sekolah dengan masyarakat, kalender pendidikan dan penerimaan siswa baru.
5) Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas pengawasan dalam pengendalian, membimbing dan menilai Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
6) melaksanakan penilaian teknis pendidikan kepada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
7) melaksanakan bimbingan terrhadap lembaga pengelola Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
8) memberikan rekomendasi dan pembinaan bantuan kepada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
9) mempersiapkan pemberian izin pembukaan Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
10) mempersiapkan pemberian akreditasi Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
11) menyusun laporan seksi.

b. Seksi Tenaga Kependidikan;

Kepala Seksi Tenaga Kependidikan mempunyai tugas melaksanakan perencanaan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi komunikasi, urusan persuratan, kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud yaitu:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) menyusun rencana pengelolaan guru, tenaga teknis, pengawas dan sarana pendidikan pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
3) merencanakan pemerataan guru serta tenaga teknis lainnya pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
4) Merencanakan peningkatan mutu/kualifikasi guru dan tenaga teknis lainnya pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).TK dan SD.
5) mengurus administrasi guru dan pengawas dan tenaga teknis lainnya, antara lain kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pemindahan, cuti, penilaian angka kredit dan pemberhentian, izin belajar, pendataan guru dan pengawas serta formasi jabatan kepala Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
6) menyusun laporan seksi.

c. Seksi Pengadaan Sarana Pendidikan;

Kepala Seksi Pengadaan Sarana Pendidikan mempunyai tugas melaksanakan perencanaan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi komunikasi, urusan persuratan, kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud yaitu:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) menyusun rencana pengadaan dan perawatan gedung Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
3) melaksanakan pengadaan perlengkapan gedung, perabot dan laboratorium Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
4) melakukan pencatatan gedung, perabot, tanah dan peralatan teknis Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
5) mempersiapkan usul penghapusan gedung, perabot, tanah dan peralatan teknis Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
6) menyusun rencana pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, penggunaan dan peralatan teknis Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
7) menyusun laporan seksi.

d. Seksi Pengadaan Perbukuan dan Alat Tulis Pelajaran;

Kepala Seksi Pengadaan Perbukuan dan Alat Tulis Pelajaran mempunyai tugas melaksanakan perencanaan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi komunikasi, urusan persuratan, kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud yaitu:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) menyusun rencana pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, penggunaan dan perawatan pembukuan pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
3) menyusun rencana pengadaan dan pendistribusian alat bantu pendidikan pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
4) menyusun bahan penilaian kualitas dan kuantitas sarana pendidikan pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
5) mempersiapkan bahan bimbingan penggunaan sarana pendidikan pada Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan wajib belajar serta Sekolah Luar Biasa (SLB).
6) menyusun laporan seksi.


4. Sub Dinas Pendidikan Menengah
Keputusan Bupati Pelalawan Nomor 346 Tahun 2002 tentang Pedoman Uraian Tugas Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan, pada Pasal 17 dikatakan bahwa Sub Dinas Pendidikan Menengah terdiri dari Seksi Kurikulum, Sekesi Tenaga Kependidikan, Seksi Pengadaan Sarana Pendidikan dan Seksi Pengadaan Perbukuan dan Alat Tulis Pelajaran. Selanjutnya Tugas Kepala Sub Dinas Pendidikan Menengah termaktub pada Pasal 18 ayat (1) yaitu ”Kepala Sub Dinas Pendidikan Menengah mempunyai tugas melaksanakan kurikulum, ketenagaan, sarana dan prasarana dan alat tulis pelajaran pada pendidikan menengah”. Uraian tugas yang dimaksud pada ayat (1) pasal ini sebagai berikut:
a. melaksanakan kurikulum pada lembaga satuan pendidikan tingkat pendidikan menengah.
b. Melaksanakan urusan tenaga kependidikan pada lembaga satuan pendidikan tingkat pendidikan menengah.
c. Melaksanakan urusan pengadaan sarana dan prasarana pada lembaga satuan pendidikan tingkat pendidikan menengah.
d. Melaksanakan urusan pengadaan perbukuan dan alat tulis pelajaran pada lembaga satuan pendidikan tingkat pendidikan menengah.

Tugas pokok Sub Dinas Pendidikan Menengah tersebut dibantu dan didukung penuh oleh seksi-seksi, sebagaimana tugas pokoknya tertera dibawah ini:

a. Seksi Kurikulum;

Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Menengah mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi, komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud yaitu:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) menyerbarluaskan pedoman dan petunjuk pelaksanaan kurikulum tingkat pendidikan menengah.
3) melaksanakan pengurusan lembaga satuan pendidikan tingkat sekolah menengah yang dikelola oleh Dinas Pendidikan.
4) Mempersiapkan, menyebarluaskan pedoman dan petunjuk yang menyangkut sekolah menengah yang meliputi kurikulum, tenaga teknis, sarana prasarana pendidikan, tata usaha sekolah dan hubungan antar sekolah dengan masyarakat, kalender pendidikan dan penerimaan siswa baru.
5) mengkoordinasikan pelaksanaan tugas pengawasan dan pengendalian, membimbing dan menilai sekolah menengah.
6) melaksanakan penilaian teknis sekolah menengah.
7) melaksanakan bimbingan terhadap lembaga pengelolaan sekolah menengah.
8) memberikan rekomendasi dan pembinaan bantuan kepada sekolah menengah.
9) mempersiapkan pemberian izin pembukaan sekolah menengah.
10) mempersiapkan pemberian akreditasi sekolah menengah.
11) menyusun laporan seksi.

b. Seksi Tenaga Kependidikan:

Kepala Seksi Tenaga Kependidikan mempunyai tugas melaksanakan perencanaan pendidikan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi, komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud yaitu:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) menyusun rencana pengelolaan guru, tenaga teknis, pengawas dan sarana pendidikan sekolah menengah.
3) merencanakan pemerataan guru serta tenaga teknis lainnya pada sekolah menengah.
4) merencanakan peningkatan mutu/kualifikasi guru dan tenaga teknis lainnya pada sekolah menengah.
5) mengurus administrasi guru dan pengawas dan tenaga teknis lainnya, antara lain kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pemindahan, cuti, penilaian angka kredit dan pemberhentian, izin belajar, pendataan guru dan pengawas serta formasi jabatan kepala sekolah menengah.
6) menyusun laporan seksi

c. Seksi Pengadaan Sarana Pendidikan;

Kepala Seksi Pengadaan Sarana pendidikan mempunyai tugas melaksanakan perencanaan pendidikan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi, komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud yaitu:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) menyusun rencana pengadaan dan perawatan gedung sekolah menengah.
3) melaksanakan pengadaan perlengkapan gedung, perabot dan laboratorium sekolah menengah.
4) melakukan pencatatan gedung, perabot, tanah dan peralatan teknis sekolah menengah.
5) mempersiapkan usul penghapusan gedung, perabot, tanah dan peralatan teknis sekolah menengah.
6) menyusun rencana pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, penggunaan dan peralatan teknis sekolah menengah.
7) menyusun laporan seksi.

d. Seksi Pengadaan Perbukuan dan Alat Tulis Pelajaran;

Kepala Seksi Pengadaan Perbukuan dan Alat Tulis Pelajaran mempunyai tugas melaksanakan perencanaan pendidikan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi, komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud yaitu:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) menyusun rencana pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, penggunaan dan perawatan pembukuan sekolah menengah.
3) menyusun rencana pengadaan dan pendistribusian alat-alat bantu pendidikan sekolah menengah.
4) menyusun bahan penilaian kualitas dan kuantitas sarana pendidikan sekolah menengah.
5) mempersiapkan bahan bimbingan penggunaan sarana pendidikan sekolah menengah.
6) menyusun laporan seksi.


5. Sub Dinas Pendidikan Luar Sekolah

Sesuai pasal 24 Keputusan Bupati Pelalawan Nomor 346 Tahun 2002 tentang Pedoman Uraian Tugas Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan disebutkan bahwa ”Kepala Sub Bagian Pendidikan Luar Sekolah (PLS) mempunyai tugas melaksanakan urusan kurikulum, pendidikan masyarakat, bantuan sarana dan prasarana dan pembinaan kursus/pelatihan pada Pendidikan Luar Sekolah. Uraian tugas dimaksud yaitu:
a. melaksanakan urusan kurikulum pada lembaga Pendidikan Luar Sekolah.
b. Melaksanakan urusan pendidikan masyarakat pada lembaga Pendidikan Luar Sekolah.
c. Melaksanakan urusan pengadaan bantuan sarana dan prasarana pada lembaga Pendidikan Luar Sekolah.
d. Melaksanakan urusan pembinaan kursus/pelatihan pada lembaga Pendidikan Luar Sekolah.

Sub Dinas Pendidikan Luar Sekolah, terdiri dari Seksi kurikulum, Seksi Pendidikan Masyarakat, Seksi Subsidi Bantuan Sarana dan Prasarana, dan Seksi Pembinaan Kursus/Pelatihan Masyarakat. Adapun uraian tugas masing-masing Kepala Seksi sebagai berikut:

a. Seksi Kurikulum;

Seksi kurikulum PLS mempunyai tugas melaksanakan urusan kurikulum pada lembaga Pendidikan Luar Sekolah, uraian tugas tersebut adalah:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) mempersiapkan penyusunan rencana dan program pembinaan PLS.
3) mempersiapkan bahan penempatan perizinan kursus-kursus yang diselenggarakan oleh pihak sekolah.
4) mempersiapkan dan menyebarluaskan pedoman dan petunjuk pelaksananaan PLS.
5) mempersiapkan pelaksanaan kegiatan PLS yang meliputi antara lain latihan keterampilan dan kursus PLS.
6) mempersiapkan pelaksanaan pengendalian PLS.
7) mempersiapkan pelaksanaan evaluasi terhadap pelaksanaan program PLS.
8) mempersiapkan peningkatan usaha kerjasama dengan instansi pemerintah dan organisasi masyarakat yang ada hubungannya dengan pelaksanaan program PLS.
9) mengumpulkan dan mengolah data pembinaan PLS.
10) menyusun laporan seksi.

b. Seksi Pendidikan Masyarakat;

Seksi Pendidikan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan urusan pendidikan masyarakat pada lembaga Pendidikan Luar Sekolah. Uraian tugas tersebut adalah:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) mengendalikan termasuk membimbing pelaksanaan kurikulum PLS yang meliputi jenis, metoda, penyajian dan penggunaan alat bantu pengajaran agar berlangsung sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
3) mengendalikan termasuk membimbing tenaga teknis PLS.
4) mengendalikan termasuk membimbing pengadaan, penggunaan dan pemeliharaan PLS.
5) mengendalikan termasuk membimbing lembaga kerjasama organisasi/ badan/lembaga yang bergerak dibidang PLS dengan instansi pemerintah dan masyarakat antara lain pemerintah daerah (kecamatan) dan dunia usaha.
6) menilai pelaksanaan kurikulum PLS.
7) menilai pemanfaatan sarana PLS.
8) menilai efisiensi dan efektivitas hasil kegiatan PLS.
9) mengendalikan dan menilai kegiatan kursus yang diselenggarakan oleh pihak swasta.
10) menilai hubungan organisasi/badan/lembaga yang bergerak di bidang PLS dengan instansi pemerintah dan masyarakat antara lain dengan dunia usaha.
11) mendorong tumbuhnya dan membina kelompok belajar PLS.
12) menyusun laporan seksi.

c. Seksi Bantuan Sarana dan Prasarana;

Seksi bantuan Sarana dan prasarana mempunyai tugas melaksanakan urusan bantuan sarana prasarana pada lembaga Pendidikan Luar Sekolah. Uraian tugas tersebut adalah:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) mempersiapkan usul pengadaan dan distribusi sarana untuk PLS.
3) menyebarluaskan petunjuk pelaksanaan dan pemeliharaan sarana PLS.
4) mempersiapkan bahan penilaian terhadap kualitas dan kuantitas sarana PLS.
5) mempersiapkan bimbingan penggunaan sarana dan prasarana PLS.
6) melakukan inventarisasi sarana PLS.
7) mengumpul dan mengolah data sarana untuk PLS.
8) mempersiapkan usul pembangunan gedung dan rehabilitasi bangunan untuk PLS.
9) membuat analisis kebutuhan sarana prasarana untuk PLS.
10) mempersiapkan pedoman dan petunjuk penyimpanan, distribuís, penggunaan, penghapusan dan inventrasisasi sarana untuk PLS.
11) mempersiapkan dan menyebarluaskan pedoman dan petunjuk pelaksanaan pengurusan sarana untuk PLS.
12) menyusun laporan seksi.

d. Seksi Pembinaan Kursus/Pelatihan Masyarakat;


Seksi Pembinaan Kursus/Pelatihan Masyarakat mempunyai tugas melaksanakan urusan bantuan sarana prasarana pada lembaga Pendidikan Luar Sekolah, uraian tugas tersebut adalah:
1) meyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) mempersiapkan penyusunan rencana dan program pembinaan kursus/pelatihan masyarakat.
3) mempersiapkan perizinan kursus-kursus.
4) mempersiapkan evaluasi terhadap pelaksanaan program kursus.
5) mengumpulkan dan mengolah data kursus/pelatihan masyarakat.
6) menganalisa kebutuhan kursus/pelatihan masyarakat.
7) mempersiapkan bimbingan penggunaan sarana dan prasarana kursus/pelatihan masyarakat.
8) menyusun laporan seksi.

6. Sub Dinas Pemuda dan Olahraga

Pasal 29 ayat (1 dan 2) Keputusan Bupati Pelalawan Nomor 346 Tahun 2002 tentang Pedoman Uraian Tugas Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan berbunyi Sub Dinas Pemuda dan Olahraga mempunyai tugas melaksanakan urusan pembinaan generasi muda, pembinaan keolahragaan dan bantuan sarana dan prasarana pada kegiatan kepemudaan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan. Uraian tugas dimaksud yaitu:
a. Melaksanakan urusan pembinaan generasi muda pada lembaga yang dikelola Sub Dinas Pemuda dan Olahraga.

b. Melaksanakan urusan pendidikan masyarakat pada lembaga yang dikelola oleh Sub Dinas Pemuda dan Olahraga.
c. Melaksanakan urusan pengadaan bantuan sarana dan prasarana pada lembaga yang dikelola oleh Sub Dinas Pemuda dan Olahraga.

Sesuai Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kab. Pelalawan Nomor. 900/Disdik/2006/36.a dijelaskan bahwa disamping uraian tugas pokok diatas, Sub Dinas Pemuda dan Olahraga juga berfungsi/melaksanakan tugas dalam rangka pengembangan, pengendalian prestasi olahraga, serta pengawasan, pembinaan kepemudaan dan pertukaran pemuda dan pelajar.


Pasal 29 ayat (1) dijelaskan bahwa Sub Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, terdiri dari Seksi Pembinaan Generasi Muda, Seksi Pembinaan Olahraga dan Seksi Sarana dan Prasarana Pemuda/Olahraga. Adapun uraian tugas masing-masing Kepala Seksi sebagai berikut:

a. Seksi Pembinaan Generasi Muda;

Seksi Pembinaan Generasi Muda mempunyai tugas melaksanakan urusan melaksanakan pendayagunaan program teknologi, komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud adalah:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) mempersiapkan penyusunan rencana dan program kegiatan kepemudaan serta mempersiapkan pemberian pengarahan organisasi yang bergerak dibidang kepemudaan.
3) mempersiapkan dan menyebarluaskan pedoman dan petunjuk penyelenggaraan kegiatan kepemudaan.
4) mempersiapkan pelaksanaan kegiatan pembinaan kepemudaan.
5) mempersiapkan pelaksanaan pengusulan kegiatan kepemudaan.
6) mempersiapkan pelaksanaan evaluasi terhadap pelaksanaan program kegiatan kepemudaan.
7) mempersiapkan peningkatan usaha kerjasama dengan instansi pemerintah dan organisasi masyarakat yang ada hubungannya dengan kegiatan kepemudaan.

8) mengumpulkan dan mengolah data kegiatan kepemudaan.
9) mempersiapkan rencana kebutuhan tenaga teknis.
10) menyusun laporan seksi.


b. Seksi Pembinaan Olahraga:

Seksi Pembinaan Olahraga mempunyai tugas melaksanakan perencanaan pendidikan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi, komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud adalah:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) mempersiapkan rencana dan program kegiatan keolahragaan serta mempersiapkan pemberian pengarahan terhadaporganisasi yang bergerak dibidang keolahragaan.
3) mempersiapkan dan menyebarluaskan pedoman dan petunjuk penyelenggaraan kegiatan keolahragaan.
4) mempersiapkan pelaksanaan kegiatan pembinaan keolahragaan.
5) mempersiapkan pelaksanaan pengendalian kegiatan keolahragaan.
6) mempersiapkan pelaksanaan evaluasi terhadap pelaksanaan program kegiatan keolahragaan.
7) mempersiapkan usaha peningkatan kerjasama dengan instansi pemerintah dan organisasi masyarakat yang ada hubungannya dengan program kewolahragaan.
8) mengumpulkan dan mengolah data kegiatan keolahragaan.
9) mempersiapkan kebutuhan tenaga teknis.
10) menyusun laporan seksi.

c. Seksi Sarana dan Prasarana Pemuda/Olahraga:

Seksi Sarana dan Prasarna Pemuda/Olahraga mempunyai tugas melaksanakan perencanaan umum mempunyai tugas melaksanakan pendayagunaan program teknologi, komunikasi, urusan persuratan dan kearsipan, pengawasan, pengendalian. Uraian tugas dimaksud adalah:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi.
2) mempersiapkan usul pengadaan dan distribusi sarana untuk pembinaan dan pengembangan kepemudaan dan olahraga.
3) menyebarluaskan petunjuk menenai penggunaan dan pemeliharaan untuk pembinaan dan pengembangan kepemudaan dan olahraga.
4) mempersiapkan bahan penilaian terhadap kualitas dan kuantitas sarana untuk pembinaan dan pengembangan kepemudaan dan olahraga.
5) mempersiapkan bahan bimbingan penggunaan sarana untuk pembinaan dan pengembangan kepemudaan dan olahraga.
6) menyusun laporan seksi.

7. Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan sebagai UPTD
Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan mempunyai tugas koordinasi, membina, menyelenggarakan sebagian tugas Dinas Pendidikan Kabupaten untuk lingkup kecamatan.

8. Perpustakaan Masyarakat sebagai UPTD
Perpustakaan Masyarakat sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) dalam penyelenggaraannya didasarkan pada Peraturan Bupati Pelalawan Nomor 51 Tahun 2006, mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan melalui kegiatan pembelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku melalui jalur pendidikan formal.
Tugas pokok Perpustakaan Masyarakat adalah:
a. Mengumpulkan, menyimpan dan mendayagunakan bahan pustaka berupa karya cetak dan karya rekam untuk kepentingan pendidikan dan peningkatan ilmu pengetahuan masyarakat pelajar khususnya,
b. Melestarikan karya cetak dan karya rekam lokal atau lainnya yang memiliki nilai-nilai pendidikan, ilmu pengetahuan, sejarah, sastra dan budaya.

9. Sanggar Kegiatan Belajar sebagai UPTD
Landasan hukum Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) sebagai Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) yaitu Keputusan Bupati Pelalawan Nomor 420/Disdik/2005/432. Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) mempunyai tugas memberikan keterampilan kecakapan hidup bagi warga belajar dengan kegiatan belajar Pendidikan Luar Sekolah. Adapun uraian tugas pokok dan fungsi SKB dimaksud yaitu: Tugas pokok melakukan pembuatan percontohan dan pengendalian mutu pelaksanaan program pendidikan luar sekolah, berdasarkan kebijaksanaan teknis pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan. Fungsi SKB yaitu:
a. pembangkitan dan penumbuhan kemajuan belajar masyarakat dalam rangka tercapainya “masyarakat gemar belajar.”
b. pemberian motivasi pembinaan masyarakat agar mau dan mampu menjadi tenaga pendidik dalam pelaksanaan asas saling membelajarkan.
c. pemberian pelayanan informasi kegiatan pendidikan luar sekolah.
d. pembuatan percontohan sebagai program dan pengendalian mutu pelaksanaan program pendidikan luar sekolah.
e. penyusunan dan pengadaan sarana belajar muatan lokal.
f. penyediaan sarana dan fasilitas belajar.
g. perintegrasian dan penyinkronisasian kegiatan sektor dalam bidang pendidikan luar sekolah.
h. pelaksanaan pendidikan dan pelatihan tenaga pelaksana pendidikan luar sekolah.
i. pengelolaan urusan tata usaha sanggar.

10. Pengawas Sekolah dan Penilik Pendidikan Luar Sekolah (PLS)
Keputusan Bupati Pelalawan Nomor 14 Tahun 2005 tentang Tugas Pokok, Tanggungjawab, Wewenang dan Hak Pengawas Sekolah dan Penilik Luar Sekolah Dilingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan dijelaskan bahwa:

a. Tugas Pokok Pengawas dan Penilik PLS sebagai berikut:
1) menyusun rencana dan program kerja tahunan dan semester.
2) melaksanakan supervisi sekolah bidang; kurikulum, administrasi kepala sekolah, sarana dan prasarana, kesiswaan, ketenagaan, keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kebersihan lingkungan sekolah dan kesehatan (7K), keuangan, klinis.
3) melaksanakan penilaian pengolahan dan analisis data hasil belajar/bimbingan siswa dan kemampuan guru dan petunjuk pelaksanaan/tindaklanjut.
4) mengumpulkan dan mengolah data sumber daya pendidikan, proses KBM/bimbingan dari lingkungan sekolah yang berpengaruh terhadap perkembangan hasil belajar/bimbingan siswa dan tindaklnjut.
5) menyusun petunjuk pelaksanaan kalender pendidikan.
6) menyusun dan mengembangkan soal ujian, instrumen penilaian HBS.
7) membuat rekomendasi mutasi guru dan kepala sekolah.
8) membuat rekomendasi usul pengangkatan kepala sekolah bersama-sama dengan komite sekolah.
9) penilaian kinerja kepala sekolah/sekolah.
10) membuat daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan (DP3) kepala sekolah.
11) memberikan bahan penilaian dalam rangka akreditasi sekolah.
12) memantau dan membimbing pelaksanaan ujian semester dan ujian akhir sekolah/nasional.
13) memantau dan membimbing pelaksanaan penerimaan siswa baru (PSB).
14) membina mata/rumpun pelajaran tertentu dan bimbingan siswa.
15) menyusun laporan hasil pengawasan/supervisi sekolah.
16) melaksanakan pengawasan dan pembinaan terhadap lembaga-lembaga pendidikan nonformal, seperti kelompok belajar paket A, B dan C, kursus-kursus, bimbingan belajar, les belajar dan lain-lain pada pendidikan luar sekolah.
17) melaksanakan penilaian status/akreditasi dan kelayakan suatu lembaga pendidikan nonformal.
18) merekomendasi izin pendirian suatu lembaga pendidikan nonformal.
19) memberi saran kepada Kepala Dinas Pendidikan tentang penyelesaian kasus-kasus sekolah dan lembaga pendidikan nonformal.

b. Tanggungjawab Pengawas Sekolah dan Penilik PLS
1) melaksanakan pengawasan dan penyelenggaraan pendidikan di sekolah dan lembaga pendidikan nonformal dengan penugasannya pada TK/RA/Bustanul Athfal, SD/MI, SLB, SLTP/MTS, SLTA/MA dan SMK serta Pendidikan Luar Sekolah.
2) meningkatkan kualitas proses belajar mengajar/bimbingan dan hasil prestasi belajar/bimbingan siswa dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan.

c. Wewenang Pengawas Sekolah dan Penilik PLS
1) memilih dan menentukan metode kerja untuk mencapai hasil yang optimal dalam melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan kode etik profesi.
2) menetapkan tingkat kinerja guru dan tenaga lainnya yang diawasi serta faktor-faktor yang mempengaruhi.
3) menentukan dan menetapkan program pembinaan serta melakukan pembinaan.


Setiap unit kerja tersebut melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan/pembinaan sesuai dengan bidang tugas masing-masing.

KATEGORI BERITA

Array

DAFTAR MENU :

DATA PENDIDIKAN

Administrator Login
User Name
Password