Rekomendasi Mutasi Sekolah
Admin | 26 Januari 2023 | Dibaca 892 kali

                                        STANDAR PELAYANAN

          MUTASI SISWA SEKOLAH DAN  PINDAH RAYON SISWA SEKOLAH JENJANG SD DAN SMP
 

No

Komponen

Uraian

SERVICE DELIVERY

1

Persyaratan Pindah Sekolah Mutasi dan Pindah Rayon

 

A.    Persyaratan Pindah Sekolah Mutasi SD/SMP

1.     Surat Rekomendasi Penerimaan dari Sekolah yang dituju;

2.     Surat Permohonan dari orang tua;

3.     Surat Keterangan Keluar/Pindah dari sekolah asal yang ditandatangani kepala sekolah;

4.     Surat bahwa anak sudah dikeluarkan dari Data Dapodik Sekolah;

5.     Tanda Bukti Mutasi Siswa dari Dinas Pendidikan kabupaten Asal (jika berasal dari luar kabupaten Pelalawan)

6.     Surat Rekomendasi Penyaluran dari Deriktorat Jendral Dikdasmen (jika berasal dari sekolah luar negeri);

7.     Raport Asli;

8.     Fotocopy Raport (bagian biodata siswa, Nilai semester Terakhir);

B.      Pindah Rayon SD/SMP

1.    Surat Keterangan Pindah Rayon dari Sekolah asal yang ditandatangani kepala sekolah;

2.    Tanda Bukti Mutasi Siswa dari Dinas Pendidikan kabupaten Asal (jika berasal dari luar kabupaten Pelalawan)

3.    Surat Rekomendasi Penyaluran dari Deriktorat Jendral Dikdasmen (jika berasal dari sekolah luar negeri);

4.    Fotocopy Raport (bagian biodata siswa)

5.    Fotocopy Surat Kelulusan dan Nilai bagi anak yang mengusulkan Pindah Rayon (Peserta didik kelas 6 dan Peserta didik kelas 9 );

2

Sistem dan Mekanisme dan Prosedur

a.        Berkas pemohon diterima oleh Staf Kurikulum dan Penilaian

b.        Diverivikasi oleh Staf Kurikulum dan Penilaian

c.        Diverivikasi oleh Kasi Kurikulum dan Penilaian

d.        Fotocopy berkas disahkan dengan dibubuhi tanda tangan oleh pejabat berwenang

e.        Di arsipkan

f.         Berkas yang sudah disahkan dan dokumen aslinya diserahkan kembali ke pemohon

3

Jangka Waktu

Bila Pejabat ditempat maksimal 2 jam

4

Biaya

Rp.0,-

5

Produk Pelayanan

Pelayanan Mutasi Siswa Sekolah / Pindah Rayon Siswa Sekolah Jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama.

6

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

1.      Kotak Saran

2.      E-mail : layanan@disdik.pelalawankab.go.id

3.      Web : www.disdik.pelalawankab.go.id

4.       No. Hp : - Kabid SD    (0812 6737 7690 )

- Kabid SMP ( 0853 6543 7733 )

MANUFACTURING

7

Dasar Hukum

a.        Undang –Undang No 20 tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

b.        Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;

c.        Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 47 tahun 2016 tang 21 September 2016 tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah Bidang pendidikan dan Kebudayaan;

 

8

Sarana, Prasarana dan Fasilitas

Sarana dan Prasarana yang dipakai dalam proses pelaksanaan kegiatan ini berupa Komputer dan alat tulis lainnya.

9

Kompetensi Pelaksana

a.        Jenjang pendidikan : minImal Diploma III;

b.        Pangkat : minimal Pengatur, II/c ;

c.        Jabatan : Fungsional Umum;

d.        Pejabat Strruktural :Kasi Kurikulum & Penilaian pada Bidang Pembinaan SD/SMP

e.        Kepala Bidang Pembinaan SD/SMP

10

Pengawasan Internal

-          Kepala Dinas Pendidikan

-          Sekretaris Dinas Pendidikan

-          Kepala Bidang Pembinaan SD/SMP

-          Kasi Kurikulum dan Penilaian

Staf Kasi Kurikulum dan Penilaian SD/SMP

11

Jumlah Pelaksana

6 Orang

-          Kabid Pembinaan SD/SMP

-          Kasi Kurikulum & Penilaian SD/SMP

4 Staf Dinas Pendidikan

12

Jaminan Pelayanan

Jaminan Pelaksanaan Bersifat

1.        Maklumat Pelayanan

2.        Visi dan Misi

3.        Moto Kerja

13

Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Jaminan dan Pelayanan berkas / Dokumen di simpan ditempat yang aman dan terjaga kerahasiaannya.

14

Evaluasi Kinerja Pelaksana

Pelaksanaan tugas sesuai dengan tupoksi pada seksi Kurikulum & Penilaian SD/SMP Kab.Pelalawan